logo blog

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Tifoid

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Tifoid

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Tifoid

Sambiloto (Justicia paniculata) merupakan sejenis tanaman herba yang berasal dari famili Acanthaceae. Tanaman ini diduga berasal dari Asia Tropika.

Dalam bahasa Melayu sambiloto disebut sebagai sambilata, dalam bahasa Jawa Tengah disebut sebagai andiloto, dalam bahasa Sunda disebut ki oray, dalam bahasa Madura disebut pepaitan, dalam bahasa Sumatera Barat disebut sebagai ampadu tanah dan dalam bahasa Cina sambiloto disebut chuan xin lien.

Sambiloto memiliki kandungan antara lain mengandung laktone yag terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neonandrografolid dan 14-deoksi-11-12.

Ciri-ciri sambiloto antara lain merupakan tanaman terna, tinggi mencapai 90 cm, batangnya berbentuk segi empat, daun tunggal dan bertangkai pendek, buah kapsul berbentuk jorong, panjang 1,5 cm dan lebarnya 0,5 cm, biji gepeng dan kecil-kecil warna coklat muda.

Sambiloto ini juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan diantaranya mengobati kencing manis, mengobati tifus, mengobati radang paru, mengobati batuk rejan, mengatasi TB paru, meredakan demam, mengobati tifoid, mengobati disentri, mengobati influenza, sakit kepala, demam, mengobati faringitis dan mengatasi hidung berlendir (rinorea).

Selain itu, daun sambiloto juga dapat mengobati tifoid dan mengobati diabetes. Cara untuk mengobati tifoid antara lain cuci daun sambiloto terlebih dahulu, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas, kemudian angkat dan dinginkan airnya, lalu saringkan dan ambil airnya, kemudian tuangkan dengan madu, setelah itu diminum. Lakukanlah cara ini dengan rutin dengan minum 3 kali dalam sehari, 1 gelas.

Dan cara untuk mnegobati diabetes adalah cucikan daun sambiloto hingga bersih, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai airnya tersisa menjadi 2 1/4 gelas, kemudian diangkat dan tunggu airnya dingin, lalu disaringkan dan ambil airnya, kemudian diminum. Lakukanlah cara ini dengan meminumnya 3 kali sehari (3/4 gelas) setelah makan. Lakukanlah cara ini dengan rutin sampai diabetesnya sudah sembuh.

Nah, itulah pengertian dari sambiloto serta kandungan sambiloto dan manfaatnya untuk kesehatan. Ada juga cara mengobati tifoid dan mengobati diabetes dengan menggunakan daun sambiloto. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Share this:

Enter your email address to get update from Histakes - Indahnya Kesehatan.

No comments

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat artikel yang Anda baca disini, silakan berkomentar ataupun opini Anda dengan postingan ini sesuaikan dengan pokok bahasan.

Copyright © 2015. Histakes - Indahnya Kesehatan - All Rights Reserved
Template Owned by Telaga Forex Powered by Blogger